TABULAMPOT JAMBU AIR ; Banyak Varian, Mudah Berbuah

ini merupakan artikel majalah Flona edisi 47/III Januari 2007, waktu itu Wartawan Flona, mas Rudi datang ke kebun saya di Bogor untuk meliput tanaman jambu air berikut artikelnya yang saya scan langsung dari Flona

taufik_flona1_mediumJambu air merupakan pilihan tepat bagi para pecinta tanaman buah pemula. Tanaman ini tak terlampau sulit dirawat. Jambu air termasuk paling mudah di­antara jenis buah lain. Dengan per­awatan yang tidak terlalu ribet, jambu air bisa berbuah lebat. “Asalkan kena panas, terus saja muncul bunga lantas jadi buah. Makanya akan lebih prima jika ditanam di dataran rendah yang banyak matahari,” terang pecinta tabu­lampot tinggal di Bogor, Jawa Barat. Meski begitu, bukan berarti jambu air tak cocok ditanam di daerah ber­curah hujan tinggi. Buktinya jambu air yang ditanam Taufik Hidayat tetap ra­jin berbuah. “Jambu air sebenarnya bu­kan tanaman yang takut air kok. Tetapi tetap harus mendapat sinar matahari supaya bisa berbuah,” ujar Taufik.

SEMPROT SITOKININ
Menurut Taufik, buah yang mengan­dung banyak air itu membutuhkan banyak air. Makanya sebaiknya disiram setiap hari, kecuali kalau hujan tu­run cukup lebat. Di tempat yang sulit mendapat pasokan air, alumni Fisika Universitas Indonesia ini punya sedikit trik sederhana. “Tutup permukaan me­dia dengan jerami padi kering agar air tidak mudah menguap,” sarannya.
taufik_flona2_mediumMedia tanam yang dipakai untuk tabulampot (tanaman buah dalam pot) harus sesuai dengan kondisi iklim. Tau­fik Hidayat menyarankan media yang cukup porus untuk daerah bercurah hujan tinggi. “Saya hanya pakai sedikit tanah karena sering hujan. Kompo­sisinya dua bagian sekam, dua bagian pupuk kandang dan satu bagian ta­nah,” ujarnya.
Agar tanaman tumbuh subur laku-kan pemupukan rutin. Sebelum masuk masa generatif, lakukan pemupukan dengan nitrogen tinggi. Kalau mau di­bungakan, ganti dengan pupuk berka­dar P tinggi. “Saya tambahkan semprot hormon sitokinin untuk merangsang munculnya bunga. Saya masih belum paham ciri tanaman akan masuk masa berbunga. Paling mudah kalau sudah banyak pa­nas, karena umumnya jambu air akan terangsang untuk berbunga,” ujarnya.

KANCING TERMUDAH
Selain mudah dibuahkan, jambu air terkenal punya banyak varietas. Puluh­an varietas jambu air beredar di pasar­an. Taufik Hidayat, sudah mengoleksi lebih dari 40 varietas jambu air di “ke­bun hobi” tak jauh dari rumahnya.
“Berdasarkan nama varietas yang saya dapat dari nurseri ketika beli, total ada 45 varietas. Memang tak semuanya sudah berbuah, jadi belum bisa dilihat perbedaan masing-masing varietas,”
uj arnya.
Beragam varietas, beragam pula bentuk dan warna buahnya. Itu pula yang lantas menjadi alasan ketertarik­an Taufik untuk mengoleksi jambu air. “Namanya juga koleksi, pasti pengin­nya banyak dan beragam. Lebih tertarik lagi karena ternyata tingkat kesulitan­nya sangat beragam,” lanjutnya.
Berdasarkan pengalamannya, jam­bu air kancing baik merah maupun putih adalah jenis yang paling mudah berbuah. Meski ukuran ahnya kecil biasanya cukup lebat. Makanya sangat cocok buat pemula. Apalagi sosoknya kecil sehingga sangat pas untuk peng­hias teras atau halaman. Sayangnya buah jambu air kancing biasanya tidak manis dan lebih cocok untuk hiasan.
Jenis yang lebih sulit, tetapi masih cukup rajin berbuah adalah lilin dan cincalo. Kedua jenis jambu itu cukup
beken dan banyak dibudidayakan untuk produksi buah. Varietasnya juga cukup banyak, jenis Min punya varian merah, hijau, super, jumbo. Sementara cincalo ada yang hijau, merah sampai bangkok. “Jambu air citra yang paling sulit ber­buah. Bertahun-tahun saya rawat masih belum berbuah juga,” terang Taufik.
Nah, mau pilih yang mana?

Hindari Rontok Buah
Salah satu masalah yang sering menimpa pehobi jambu air adalah rontok bunga. Menurut Taufik Hidayat, problem itu menimpa terutama karena pohon kekurangan air. Sehingga cara pencegahannya dengan penyiraman rutin. “Harus rutin menyiram setiap hari. Meskipun hujan sekalipun sebaiknya tetap disiram, apalagi kalau enggak deras,” sarannya.
Penyiraman intensif bisa dikurangi saat bunga sudah mengalami polinasi (penyer­bukan) can membentuk bakal buah. Meski begitu tetap harus rutin disiram kalau me­dia sudah mulai kering. “Sebenarnya tetap disiram intensif juga bagus. Sekaligus agar buahnya lebih besar. Tapi seteiah mendekati matang, volume (penyiraman) dikurangi,” ujarnya.
Tapi pilih waktu yang tepat untuk menyiram. Pasalnya kalau salah menyiram bisa menyebabkan buah pecah. Terjadi kalau rnenyiramnya terlalu siang. Menurut Taufik, saat siang hari tekanan aliran air dalam batang ter!alu kuat. “Tidak sebanding dengan elastisitas kulit buah, makanya buah jadi pecah. Sebaiknya sebelum jam 8 pagi atau setelah jam empat sore. Sebaiknya tetap, pagi terus atau sore terus,” anjurnya. Jangan lupa membungkus buah jambu air. Ini untuk menghindari serangan lalat buah. Bahan­nya bisa macam-macam, semisal plastik atau kertas.

59 thoughts on “TABULAMPOT JAMBU AIR ; Banyak Varian, Mudah Berbuah

  1. salam kenal mas. kita nampaknya punya hobi sama. saya punya sejumlah jambu air dalam pot seperti cincalo merah dan hijau, king aple rose, dan memang yang paling sulit berbuah jenis jambu citra. yang satu ini udah lama dipelihara tak buah-buah, padahal bentuk pohobnya udah besar. saat ini cincalo merah sedang lebat-lebatnya buah, dengan tinggi sekitar 1,3 meter buah yang ada mungkin bisa mencapai lebih 50 buah dan udah sebesar jempol, namun di sejumlah cabang kini malah tumbuh putik baru calon buah, mungkin karena kemarin sebelum buah saya siaram dengan larutan minyak ikan dan aji no moto

  2. mas erizal

    salam kenal . . . . yah begitulah jambu citra

    btw . . . minyak ikan, cucian ikan, mecin memang berkhasiat untuk merangsang proses generatif dimulai

  3. Mas Taufik, kalo bibitnya bisa gak yah dari pohon yg besar trus kita stek/cangkok lalu kita tanam didalam pot. Kira2 bakal berhasil gak tuh…??

  4. @Hage

    maksutnya berhasil hidup atau berbuah niy?

    Kalo proses cangkok da penanamannya bagus . . kemungkinan besar hidup mas/pak

    cangkok sampai akarnya tumbuh banya dulu ya . . .

    • Salam kenal Mas Taufik
      Sya punya pohon jambu kancing putih ttp sekarang sdh mati
      Dimanakah saya bisa mendapatkan cangkokan jambu kancing putih tsb

      Terima kasih

  5. @hage

    Kalau buah indukan nya unggul, maka bila bibitnya merupakan hasil perbanyakan vegetatif macam cangkok atau okulasi, maka bibit yang dihasilkan sifat keunggulannya tidak akan jauh dari indukannya mas

    jadi bukan masalah bibit khusus, tapi indukannya unggul atau tidak dan pohonnya ‘possible’ berbuah atau nggak bila ditanam di pot . . . sebagai contoh pohon durian hampir impossible berhasil berbuah bagus di pot :D

  6. salam kenal mas.kyknya hampir sama nih,penghobi tabulampot.
    tapi saya baru pemula,br coba 2 macam tanaman aja.tin dan belimbing.tp blm pernah berbunga sm sekali.mngkn krn kebanyakan cabang kali ya…

    Taufik:

    wah . . . belimbing itu termasuk yang paling mudah berbuah di dalam pot

  7. pak mau tanyak, saya kalo mau cari jambu air seperti ttc/tong sam si, di mana saya dapet pohon jambu tsb??
    apa kah benar kalo jenis jambu itu super besar buahnya???
    ths…..

  8. gimana nie mas aq baru pertama memulai menanam jambu kancing pertama2 apa yang mesti dilakukan berhubung tanah yang kupunya “ga bagus” n gimana caranya supaya jambunya merah dan manis.
    Terima kasih sebelumnya…….

    Taufik:

    Jambu kancing rasanya nggak 100% manis . . . sifatnya agak masam
    kalau gak bagus . . . tanahnya dicampur pupuk . . . yang organik aja macam kompos atau guano

  9. Mas, saya punya tabulampot Jambu Citra, sudah 1.5 tahun dipelihara kok ndak njedul2 buahnya. Sudah disiram teratur, kena sinar matahari, pakai pupuk KCl, KNO3, NPK 16-16-16, Vetsin, dll tetapi tetap nihil. Bagaimana supaya Tabulampot Citra dapat berbuah?

  10. Yth mas Taufik,aku mau tanya:tambulampot jambu cincaloku sering rontok bkal bunganya.Udah nongol buanyak,yg jadi buah cuma 1.Medianya kyknya basah,walaupun jarang disiram.Apa solusinya ya?

  11. salam kenal mas taufik, saya tertari setelah baca artikel ini. saya pengen juga tambulampot jambu air. saya bisa dapet pohonnya dimana ya mas. saya lokasi dijakarta, yang cocok jenis apa ya? terima kasih.

    • Jambu air bisa ditanam di jakarta mas . . . asal ya itu tadi . . . rajin merawat . .pupuk dan siram air jika kemarau
      di jakarta semua jenis jambu air cocok mas . . .kalo pengen yang cepat berhasil ya varian jambu kancing bisa jadi pilihan

      untuk selanjutnya bisa meningkat ke varian yang lebih sulit memeliharanya seperti jambu air citra

  12. Mengapa ya jambu air saya berubah gak enak setelah pohon nya udah besar[udah di tanah] dulu waktu masih di pot manis bgt.

  13. Pak saya punya jambu air king rose setinggi 1,5 meter, belum berbuah hasil oculasi dan gimana cara perawatqan yg baik agar batangnya tumbuh besar/ dan kalau berbuah banyak? sbb kayaknya terlalu subur dan banyak daun sehingga pertumbuhannya ke bawah sbb batangnya yg kecil, mohon infonya, tnk

  14. salam kenal sayaa juga penghobi jambu air.
    jambu air saya yg jenis madura putih buahnya berulat di dlmnya
    bgm caranya untuk mengatasinya mhn penjelasan mas taufik

  15. saya juga punya tabulapot jambu air dua jenis dlm satu pot.
    persoalanya kenapa kok yang satu jenis rajin berbuah sdgkan yang lainya tidak pernah berbuah, padahal sya udah pelihara hampir 3 tahun. bmn caranya mas agar dpt berbuah dua2nya. thanks

  16. salam kenal mas taufik…
    wah padahal punya niat mengepotkan jambu air citra yang ada di halaman depan nih, susah ya berbuahnya? yah mudah2an kita sabar dan telaten yah…hehehe

  17. mas saya mau tanya nih:
    1. apa bisa kita membuat dalam satu batang bisa banyak jenisya.
    2. Kalau bisa dibuat, harus dengan cara apa.
    3. maxsimum berapa jenis yang bisa kita buat dalam satu batang.
    4. Kalau beda marga apa bisa kita gabugkan.

  18. Salam kenal Mas taufik… sy mau nanya nic.Bunga apel putsa menguning dan layu lalu rontok.sy siram tabulampot 1 x sehari,sy kasih pupuk npk berimbang dua minggu sekali,media tabulampot tanah-pupuk kandang-serbuk kayu,sy letakkan tabulampot diatas ruko jadi kenak matahari langsung tapi kadang2 anginnya agak kencang tp ada sy pasang plastik hitam 4 meter persegi jadi angin kencang tidak langsung kena media tanaman memang tempat tinggal sy tidak jauh dari laut kira2 100 mtr dari laut.tolong dong Pak Taufik kasih masukan kenapa bunga putsa sy bisa menguning.atas bantuanya sy ucapkan makasih.

  19. malam mas taufik ,jambu citra
    saya mulai melentis bakal buah
    sebelum berkumis rontok waktu
    waktu ini ,kenapa yah ?mohon
    solusinya dari mas Taufik terim
    a kasih sebelumnya !

  20. perkenalkan saya rose. sy memiliki pohon jambu air juara dari mekarsari. satu pohon cangkokan berbuah 7 macam.sudah 2 kali berbuah yg pertama 4 macam dan yg kedua 6 macam. cukup memuaskan. hanya 1 macam lg kenapa tak bs berbuah. buah jg tak banyak tp bareng berbuahnya. dimana sy bs mendapatkan bibit cangkokan king rose apple.ke tujuh jambu tsb adalah 2 cabang king rose, lilin merah,lilin hijau,cengkeh,irung petruk, satu lg yg tak berbuah black jamrud. king rose ku rata2 7 cm. sempat berbuah 10 bj. mohon infonya utk bibit king rose. terima kasih.

  21. Mas mau nanya nih.. Apa benar jambu air tong samsi paling manis dan enak rasanya di banding citra dan cincalo.. Terima kasih..

  22. Pingback: 2010 in review Tabulampotaufik « TabulampoTaufik

  23. SALAM KENAL YA,,,,,
    MA’AF NIH NUMPANG PROMOSI,,,
    BAGI YANG BUTUH BIBIT POHON JAMBU CITRA SILAHKAN MENGHUBUNGI SAYA:
    AKIN TOHARI:085245244975
    LOKASI PARUNG BOGOR
    MELAYANI PESAN ANTAR

    POHON JAMBU CITRA, TINGGI 1 METER
    HARGA Rp.50.000 per pohon.
    TERIMA KASIH

  24. SALAM KENAL MAS..
    SAYA PINGI BIBIT JAMBU AIR CITRA
    SAYA PUNYA POHON JAMBU AIR SATU POHON DITEMPEL TIGA MACAM
    JAMU AIR, SEKARANG LAGI BERBUNGA TIGA-TIGANYA
    TERIMA KASIH…

  25. salam mas taufik, senang rasanya punya banyak varian jambu ya. sy jg berencana mengembangkan berbagai jenis jambu, bisa mnta dikirim ke email saya? jenis dan harganya. barangkali sy bisa ikut mngembangkan

    terima kasih

    Ahmad Shofi

  26. salam kenal mas taufik…
    saya kesulitan cari bibit jambu dersono… 3 kali salah beli gara2 promosi penjual pohon

    bisa mohon bantuan nya…??

  27. Assalamu’alaikum..Salam kenal Mas/Pak, saya Awan dari Kota Serang. saya penggemar pohon jambu air juga nih. alhamdulillah sudah punya jambu air jenis Tong Sam Si, Mutiara Hitam dan Lilin. Boleh ngga Mas saya siram dengan larutan minyak ikan dan aji-no-moto ??
    hatur nuhun.

  28. mas taufik salam kenal ..mau tanya saya punya jambu air klo berbunga warna nya ungu, trus jambu nya gede gede , awal jadi waena jambu nya ungu trus berubah jadi putih , dan kembali ungu jika sudah besar,,,tetapi sayang rasanya hambar ga ada manis nya sedikit pun …yg saya tanyakan
    jenis apakah jambu saya ini..dan kenapa ga manis ya, gimana caranya agar nanti klo berbunga lagi jambunya supaya manis…?? trima kasih..

  29. Salam kenal ea, mas taufik

    mas saya sudah tambulampot jambu air citra sudah 3 th kok blum berbuah nih , mas.

    Bagaimana ea mas, caranya agar cepat berbuah?

  30. Salam kenal .saya fadhil.saya ingin bertanya mas jambu cincalo hijau saya di pot kok lama berbuah?kalau menurut mas cincalo itu berbuah itu umur berapa dan bagaimana cara merangsang pembungaan?terima kasih

  31. saya di purwokerto punya jambu air jamaika sudah empat tahun cuma lebat daunnya udan dipangkas beberapa kali belum pernah berbuah

  32. mas taufik salam kenal dari saya zuliyanto, begini mas saya punya tanaman jambu air citra sudah dua tahun lebih saya tanam sampai sekarang kok belum berbuah gimana ya mas, berapa tahun sih usia jambu air untuk bisa berbuah ? trims

  33. bisa kecil gitu ukuran tanamannya ya? sudah berbuah pula, mungkin bisa dijadikan tanaman hias sekaligus dikonsumsi buahnya saat musim,
    ada informasi tempat penjualan tabulampot di jogja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s