Mandevilla Putih (Mandevilla Boliviensis)

Saya sangat menyukai tanaman hias rambat, salah satunya adalah tanaman mandevilla, tanaman ini memiliki beragam varietas, ada yang berwarna pink singgle, pink dobel, putih, kuning..dan bahkan hasil-hasil persilangannya. mandevilla hidup merambat dengan cara melilitkan batangnya di ajir atau pergola yang mejadi tempat hidupnya. Bunganya tidak mengenal musim, sehingga tanaman ini menjadi tanaman Favorit kami sekeluarga. Varian putih ini saya peroleh saat hunting di sentra tamanam hias serpong dekat puspitek.

Tanaman ini berkembang biak dengan cara biji, saya seringkali mendapatkan ‘buah’ dari tanaman ini yang mirip sekali buah adenium. buah tersebut hasil dari pembuahan alami bunganya. Akan tetapi sayangnya, saya kurang mengopeni, sehingga belum ada yang berhasil saya tanam benihnya.

6 thoughts on “Mandevilla Putih (Mandevilla Boliviensis)

  1. Ngeliat di internet ini bunga kok bagus dan aku tertarik banget. Kalau ada bijinya bisa nggak aku dikirimi. Biar aku coba menyemaikan.

  2. Sebenarnya jenis itu dikembang biakan bukan dari bijinya saja! kalo nunggu pohonnya berbiji sangat lama tapi bisa dicangkok dengan menggunakan trik khusus supaya bisa cepat berakar… kalo ada yang berminat kalo didaerah jakarta ada di samping POS RW 08 dikelapa-dua, kebon jeruk jakarta barat tersesdia bermacam-macam jenis Mandevilla.
    apalagi sekarang Tersedia MANDEVILLA BOLIVIENSIS-2 (berbunga merah)TERBARU!!!

Leave a Reply

