Barringtonia Edulis ku berbunga

baringtonia_edulis_berbungaBibit Barringtonia Edulis ini saya dapatkan dari pemulia tanaman terkenal dari Bogor, Bapak Greg Hambali. Beliau menghadiahkan ke saya sekitar 10 bibit pohon B Edulis kala itu. semua saya bagi-bagikan ke kerabat dan rekan termasuk saya tanamkan di rumah atasan saya dan pekarangan bpk wakil walikota bogor sekarang. menurut Pak Greg, tanaman ini asli amerika latin yang indukannya beliau bawa ke indonesia berpa benih biji. Yang dikonsumsi dari tanaman ini adalah bijinya. Bijinya memiliki rasa yang gurih mirip biji kenari, mudah-udahan bunga yang mekar ini berhasil menjadi buah.

untuk melihat lagi gambar b edulis yang lain :

http://floraweb.nparks.gov.sg/search/familyName.action;jsessionid=7C88230E0214D1E6C9E99BB0FD42A207?index=Lecythidaceae

http://sketchdiary.cocolog-nifty.com/blog/images/rimg0055_4.jpg

11 thoughts on “Barringtonia Edulis ku berbunga

  1. namanya juga bogor mas,

    surganya untuk tanem-taneman ,
    buahnya bagus mas.

    ngomong-ngomong nama tanemannya susah banget mas.

    salam,

  2. nah…. kesempatan nih mas
    kasih nama sendiri aja mas,
    kayak Rano Karno yang ngasih nama anturium si doel buat anthurium kesayangannya
    di patenin kalau bisa mas 🙂 hehehe

    go green,

    salam,

  3. Mas taufik saya asli jawa cepu tepatnya ,
    sering pulang kampung naik bis yang jalur cikampek.
    sepanjang jalur tol tersebut dari dulu aku pertama datang ke Jakarta( tahun 2001 ) sampai sekarang masih saja dibiarkan kosong dan cuma alang-alang yang tumbuh.
    dalam fikiranku apa gak rugi tuh tanah subur dibiarkan begitu saja ,coba ditanamin mangga misalnya yang minim perawatan.
    kalau buah syukur kalau nggak buah ya buat pencegah longsor sama banjir kan lumayan.
    dan kalau bisa berbuah satu pohon sepuluh kilo aja ( ± 1 karung per pohon ) saya yakin indonesia bisa swasembada mangga atau malah bisa ekspor .

    ya ini cuma opini pribadiku sih mas, karena aku aslinya wong ndeso dan anak petani jadi kalau ada lahan kosong kurang setuju .

    go green,

    salam,

  4. hari ini aku nanem nangka dan mangga , gak tau jenis apa yang penting ada lahan kritis aku tanemin aja ama pohon yang ada buahnya dan enak dimakan

    go green ,

    salam,

  5. Pak Taufik, menarik sekali buah ini.
    Bagaimana cara memperbanyaknya ?
    Apakah ada stok tanamannya lagi pak ?
    Saya pengin sekali mendapatkannya pak ?
    Apakah bisa bantu ?

    Taufik:
    ini tumbuhan berkayu keras pak . . . sepertinya bisa di cangkok
    akan tetapi percabangannya sedikit banget 😀

    yang saya tahu pak greg Hambali memperbanyaknya dengan biji . . . nanti deh bila jadi buah akan saya coba semai 😀

  6. wah pak taufik, pohonnya menarik sekali, saya bolehminta juga gak klo bijinya berhasil disemai? pohonnya cantik, dan buahnya sangat menarik 🙂

Leave a Reply

